Langsung ke konten utama

MENGENAL EFEK SAMPING OBAT PROPHYLTHIOURASI (PTU)

sebelum membahas mengenai efek samping dari prophythiourasil kita harus mengenal mengenai efek samping itu sendiri apa sih??

Efek samping adalah setiap efek yang tidak dikehendaki dan merugikan atau membahayakan pasien (adverse reaction ) dari suatu pengobatan. Efek samping yang berat jarang ditemukan, meskipun efek-efek toksik yang berbahaya sering terjadi pada penggunaan beberapa golongan obat. efek samping dari suatu obat tidak mungkin dihindari/dihilangkan sama sekali, tetapi dapat ditekan atau dicegah seminimal mungkin.


Mekanisme reaksi efek samping obat dibagi menjadi dua kategori utama yaitu reaksi intrinsic (reaksi yang bisa diprediksi) dan reaksi idiosyncratic (reaksi yang tidak bisa diprediksi);
1.     intrinsic
a. efek farmakologi yang berlebihan
b.  penghentian obat
c. efek samping yang tidak berupa efek farmakologi utamma
2.      idiosyncratic
reaksi karena faktor genetik

Berikut ini beberapa pengelompokan efek samping obat yang lain:
Tipe A: Reaksi-reaksi ini dapat diprediksi dalam hal farmakologi primer dan sekunder obat dan biasanya tergantung kepada dosis. Contoh jenis reaksi ini termasuk hipoglikemia dengan hipoglikemi oral dan hipotensi dengan anti-hipertensi. Reaksi ini harus diantisipasi, dan sering bisa dieliminasi dengan mengurangi dosis.
Tipe B: Reaksi tidak bisa diprediksi  dari pengetahuan farmakologi dasar obat dan tidak menunjukkan adanya hubungan dengan dosis yaitu kurangnya hubungan antara dosis dan toksisitas. Reaksi ini hanya terjadi pada sebagian kecil populasi, tapi sering serius dan bisa menyebabkan kematian.
Tipe C: Reaksi yang terkait dengan penggunaan obat jangka lama, contohnya adalah ketergantungan Benzodiazepine dan analgesik nefropati.  Reaksi-reaksi dapat  dijelaskan dengan baik dan dapat diantisipasi.
Tipe D: Efek Tertunda seperti karsinogen dan teratogen. Diperkirakan bahwa toksisitas tersebut dihalangi oleh penelitian mutagenisitas praklinis. Penelitian karsinogen untuk senyawa kimia baru perlu dilakukan secara menyeluruh sebelum lisensi produk diberikan

Propylthiouracil adalah obat yang digunakan untuk mengobati tiroid yang overaktif (hipertiroidisme). Cara kerjanya dengan menghentikan kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

 Hipertiroid adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika fungsi kelenjar tiroid menjadi tidak normal sehingga menyebabkan produksi dan pelepasan hormon tiroid yang berlebihan. Keadaan hipertiroid dapat menyebabkan thyrotoxicosis. Thyrotoxicosis didefinisikan sebagai keadaan saat kelebihan hormon tiroid. Meskipun demikian, thyrotoxicosis bisa saja terjadi pada kondisi disfungsi tiroid yang tidak menyebabkan hipertiroid. Contohnya adalah pada kondisi tiroiditis. Pada saat terjadi tiroiditis, yang terjadi adalah bukan peningkatan produksi hormone tiroid yang berlebihan, melainkan sel tiroid yang rusak atau mengalami inflamasi akan melepaskan hormon tiroid berlebihan secara langsung ke dalam pembuluh darah,



Sama seperti obat-obat lainnya, propylthiouracil juga bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius, meskipun dokter telah mempertimbangkan mengenai perbandingan antara manfaat dengan risiko meminum obat ini.
Berikut adalah reaksi efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat ini:
Mual.
Muntah.
Sakit perut.
Sangat mengantuk.
Ruam atau gatal dalam skala ringan.
Sakit kepala.
Rambut rontok dalam skala ringan.
Nyeri otot ringan.
Berkurang atau hilangnya kemampuan indera perasa

Mekanisme kerja Dari obat Propylthiouracil: menghambat sintesis hormon tiroid dengan menghambat secara kompetitif enzim tiroid peroksidase dari kelenjar tiroid; menghambat konversi T4 ke T3


 
demikian artikel saya, jika ada yang inggin ditanyakan atau yang belum jjelas silakan tuliskan di kolomkomentar ya / :) :)

pertanyaan
1. kenapa PTU ini menimbulakan efek samping ruam atau gatal dalam skala rigan?
2. apa fungsi tiroid didalam tubuh?
3. adakah efek samping lain yang ditimbullkan oleh PTU yang membahayakan?
4. bagaimana  cara agar hormon tiroid tidak meningkat didalam tubuh?
5. apa yang akan terjadi jika penggunaan iodium yang berlebihan?

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak ada rekomendasi obt lain PTU dapat digunakan oleh anak-anak tetapi penggunaan obat ini harus dipantau, PTU untuk Anak-anak ini dapat menyebabkan risiko gagal fungsi hati,
      penggunaan dosis PTU untuk anak-anak itu sebaiknya

      - Dosis untuk bayi baru lahir adalah 2,5-5 mg/kg sebanyak dua kali dalam sehari.

      - Dosis untuk bayi usia 1 bulan sampai 1 tahun adalah 2,5 mg/kg sebanyak tiga kali dalam sehari.

      - Dosis untuk anak usia 1-5 tahun adalah 25 mg sebanyak tiga kali dalam sehari.

      - Dosis untuk anak usia 5 -12 tahun adalah 50 mg sebanyak tiga kali dalam sehari.

      - Dosis untuk anak usia 12-18 tahun adalah 100 mg sebanyak tiga kali dalam sehari.

      Hapus
  2. Assalamualaikum saya mau bertanya,
    Adakah interaksi obat dengan obat lain, kemudian apakah aman di gunakan untuk jangka panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. interaksi obat yang mungkin terjadi adalah Meningkatkan aktivitas antikoagulan jika dikonsumsi dengan obat-obatan antikoagulan.
      dan sebagai Dosis penghambat beta (beta blocker), glikosida digitalis dan teofilin perlu dikurangi kalau sudah eutiroid (kadar tiroid sudah normal).

      penggunaan PTU dalam jangka panjang penggunaannya aman, untuk terapi penggobatan dg PTU ini membutuhkan waktu jangka panjang

      Hapus
  3. bagaimanakah mekanisme dari efek samping PTU yang dapat menimbulkan ketergantungan jika di komsumsi dalam jangka panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. obat PTU ini tidak menimbulkan efek ketergantunggan bagi penggunanya

      Hapus
  4. assalamualaikum,
    saya mau menanyakan.
    ada beberapa teman saya yang menderita hipertiroid selain menggunakan ptu mereka di anjurkan untuk mengonsumsi garam beryodium dan ikan laut. bisakah saudari jelaskan mengapa dianjurkan demikian? apakah hal tersebut dapat meningkatkan atau menurunkan efek ptu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit hipertiroid ini terjadi karena kekuragan iodium, sedangkan ikan laut dan garam beryodium mengandung banyak iodium, iodium yang ada pada ikan laut dan garan beryodium bisa dikonsumsi untuk membantu dalam proses prodksi iodium didalam tubuh,
      ptu tidak dipengaruhi oleh makanan sehingga aman jika dikonsumsi degn garam beryodium dan ikan laut

      Hapus
  5. Assalamualaikum,
    Apa saja faktor yang dapat menyebabkan pasien terkena hipertiroid?
    Bagaimana cara untuk mencegahnya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor-faktor Risiko Penyakit Gondok
      Gondok dapat menyerang siapa saja, tapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit ini. Faktor-faktor pemicu tersebut meliputi:
      a. Usia. Risiko gondok akan emningkat pada usia 40 tahun ke atas.
      b. Jenis kelamin. Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan tiroid dibandingkan pria.
      c. Faktor keturunan. Memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker tiroid atau penyakit autoimun akan meningkatkan risiko penyakit gondok.
      d. Obat-obatan seperti amiodarone serta yang mengandung litium.
      e. Kehamilan dan menopause. Risiko gangguan tiroid meningkat pada saat wanita sedang hamil atau menopause, tapi penyebabnya belum diketahui dengan pasti.

      Hapus
  6. hai kakak, bagaimana mekanisme kerja dari prophythiourasil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mekanisme kerja dari prophythiourasil adalah dengan cara menghambat sintesis hormon tiroid dengan menghambat secara kompetitif enzim tiroid peroksidase dari kelenjar tiroid; menghambat konversi T4 ke T3

      Hapus
  7. saya akan mencoba menjawab no 3. penurunan produk sel darah (leukosit dan trombosit), gangguan fungsi hati (hingga gagal hati)

    BalasHapus
  8. Saya akan mencoba mnjawab pertnyaan no 2 fungsi hormon tiroid yaitu :
     Mampu mempercepat atau memperlambat detak jantung.
     Melakukan kontrol terhadap proses pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh. Kontrol metabolisme ini dapat berdampak kepada kenaikan atau penurunan berat badan seseorang.
     Mengontrol kecepatan proses pergerakan makanan dalam sistem pencernaan.
     Memberi dampak kepada kekuatan otot.
     Menaikkan atau menurunkan suhu tubuh.
     Mengontrol kecepatan tubuh dalam melakukan reproduksi sel.
     Membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak, terutama pada anak-anak.
     Membantu pertumbuhan anak-anak.
     Mengaktivasi sistem saraf untuk meningkatkan pusat perhatian dan kecepatan refleks tubuh
    3. penurunan produk sel darah (leukosit dan trombosit), gangguan fungsi hati (hingga gagal hati)
    4. dengan cara meningkatkkan penggunaan iodium
    5. jika kelebihan yodium didalam tubuh akan menyebab kan terjadinya hipotiroid yaitu kekurangan hormon tiroid

    BalasHapus
  9. no 5.
    Yodium yang diberikan dalam dosis tinggi pada kurang yodium akan menyebabkan peningkatan kerja kelenjar tiroid dan meningkatkan infiltrasi. Selain itu, kelebihan yodium yang berlangsung dalam waktu lama mempunyai efek toksik terhadap tirosit yaitu menyebabkan hipertiroid.

    BalasHapus
  10. jawaban no 2
    Kelenjar tiroid yang berfungsi normal dapat memproduksi sekitar 80 persen T4 dan sekitar 20 persen T3. Meskipun jumlahnya lebih sedikit, hormon T3 memiliki efek yang lebih kuat diantara kedua hormon tersebut. Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid ini mengatur banyak fungsi tubuh yang vital, termasuk diantaranya yaitu:

    Pernapasan
    Denyut jantung
    Sistem saraf pusat
    Sistem saraf tepi
    Berat badan
    Kekuatan otot
    Siklus menstruasi
    Suhu tubuh
    Kadar kolesterol

    BalasHapus
  11. 4. cara agar hormon tiroid tidak meningkat didalam tubuh adalah dengan mengunakan iodium sebagai feedback agar hormon tiroid tidak d produksi lagi, karena ketersediaan didalam tubuh sudah cukup

    BalasHapus
  12. Bagaimana kak jika blm priksa t3 dan t4 ? Tp sdh mengkonsumsi ptu? Bolehkan diteruskan?

    BalasHapus
  13. Stainless Steel (Titanium) teeth - TITANIAN ART
    Stainless Steel (Titanium) teeth used ford edge titanium · 1,6”. · 2,3”. · 3,4”. · 4,5”. · 5,6”. · titanium network surf freely 6,7”. titanium max · 7,8”. · 8,9”. · 9,10”. · 10,11”. · 12, titanium rods 13, 14, 15, 16, 메이피로출장마사지 17, 18, 19.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

farmakofor

  Farmakofor adalah susunan 3D dari atom dalam molekul obat yang memungkinkan untuk berikatan dengan reseptor yang diinginkan dan bertanggung jawab dengan respon biologis karena terikat dengan reseptor yang dikehendaki. Untuk menentukan suatu obat baru itu dapat ditentukan dengan cara 1.     Dari etno botani Secara komputerisasi Beberapa contoh hubungan antara struktur dan aktivitas obat Dari struktur diatas kita dapat mengidentifikasi jenis iikatan farmakofor, pada gambar diatas jenis ikatan farmakofor pada Struktur III (gambar 13.31) kelompok fenol dapat bertindak sebagai donor (HBD) atau akseptor hidrogen  (HBA) aromatik Cincin dapat berpartisipasi dalam interaksi van der Waals amina dapat bertindak sebagai akseptor ikatan hidrogen atau sebagai pusat ionik jika diprotonasi hydrogen bond donor (HBD) mendonorkan pasangan elektron bebas hydrogen bond acceptor (HBA) adalas suatu pasangan elektron bebas darii reseptor untuk menerima ikatan hidrogen

identifikasi farmakofor difenhidramin

C 17 H 21 NO farmakofor untuk difenhidramin adalah difenhidramin memiliki dua cincin aromatik , pada cincin aromatiknya terjadi gaya van der waals, kemudian pada ikatan oksigen, pada ikatan oksigen ini terjadi pengikatan hidrogen atau disebut juga hydrogen bond acceptor pada ikatan nitrogen itu terjadi ikatan ionic karena nitrogen memiliki pasangan elektron bebas yang dapaat mengikat hidrogen yang bermuatan positif dan sedangkan nitrogen bermuatan negatif, antara muatan positif dan negtif akan saling tarik menarik yang mengakibatkan terbentuknya ikatan ionik